Rabu, 04 Agustus 2010

Produk Insektisida Rumah Tangga

Produk Insektisida Rumah Tangga
Produk insektisida rumah tangga adalah sesuatu yang sudah biasa ada dan merupakan bentuk perlindungan personal untuk melawan/mengendalikan serangga rumah tangga di berbagai belahan dunia. Produknya meliputi aerosol, obat nyamuk bakar, mat, bentuk cair dan umpan.

A.      Tipe Produk Insektisida Rumah Tangga
Beragam bentuk dari insektisida rumah tangga yang ada dapat digunakan untuk melawan serangga rumah tangga. Di daerah yang beriklim sedang, serangga rumah yang memegang peranan penting adalah kecoa, semut, kutu dan di musim panas seperti lalat, nyamuk dan tawon. Pada daerah dengan iklim tropis, nyamuk adalah serangga rumah tangga yang paling penting disamping lalat rumah, kecoa, semut dll. Bahan aktif yang terkandung di dalam insektisida rumah tangga ini harus murah dan efektif dengan tingkat toksisitas yang rendah pada mamalia.
1.         Aerosol
Aerosol adalah produk insektisida rumah tangga yang paling banyak digunakan. Produk ini dapat dibagi menjadi Pembunuh Serangga Terbang (FIK), didunakan untuk melawan nyamuk, lalat dan tawon serta Pembunuh Serangga Yang Merayap (CIK), yang digunakan untuk melawan kecoa, semut, kutu dll. Keduanya juga bisa digunakan bersamaan. FIK dapat berupa atau terdiri dari bentuk minyak dan bentuk cair, dengan bentuk formulasi cair yang umumnya lebih popular dengan konsumen karena memiliki bau tidak sedap yang lebih rendah. Perbedaan utama antara FIK dan CIK adalah pada bahan aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu konsentrasi bahan aktif tersebut dan juga ukuran partikel aerosol yang dikeluarkan. Bahan aktif dari FIK yang paling utama adalah pyrethroids sebagai agen untuk membuat knockdown sedangkan CIK bahan aktifnya berupa residu dari pyrethroids. Kadang – kadang bahan aktif yang sama ditemukan dalam FIK dan CIK, tetapi konsentrasinya biasanya lebih tinggi pada CIK dengan tujuan untuk meninggalkan residu di permukaan.
2.         Obat Nyamuk Bakar
Obat nyamuk bakar paling banyak digunakan di Asia, Afrika dan di daerah Pasifik Selatan.Kandungan obat nayamuk bakar ini dibuat dari campuran bahan yang dapat bekerja secara aktif/cepat dan lambat, diantaranya seperti serbuk gergaji, kulit ari kacang dan pigmen. Kandungan bahan aktifnya berasal dari kelas pyrethroids yang umumnya mempunyai daya knockdown yang cepat. Kandungan bahan aktif pada asapnya diproduksi ketika obat nyamuk ini dibakar dan dapat menghalangi nyamuk serta serangga terbang lain untuk memasuki ruangan. Rata – rata gigitan nyamuk dapat dikurangi sampai dengan 80% berdasarkan kepada luas ruang/kamar yang digunakan dan juga bahan aktif yang digunaka.
3.         Mat
Bentuk mat menjadi popular sejak awal 1980, terdiri dari bentuk lempeng panas dan lempenguap. Bentuk mat ini dibuat dari serat papan yang telah diisi dengan insektisida, penyeimbang, parfum dan pewarna. Lempengan atau mat ini dimasukkan ke dalam soket elektrik dan dipanaskan maksimal dalam temperature 1100 C - 1600 C, tergantung kepada  tipe dari pemanas dan apa yang menyertai atau terdapat dalam mat ini. Ketika dipanaskan, uap insektisida dilepaskan untuk membrikan konsentrasi insektisida yang rendah di udara. Hal tersebut mempengaruhi kemempuan terbang dari serangga dikarenakan pengaruh efek sub letal yang ada dan termasuk mengahalangi serangga untuk memasuki ruangan, menceah gigitan serta membuat knockdown serangga. Paparan lebih lanjut dapat membuat serangga mati. Ukuran dari lempeng/mat ini harus sesuai dengan ukuran pemanas yang ada agar mudah untuk memasukkan dan juga mengeluarkannya. Keuntungan dari pemakaian mat ini daripada obat nyamuk bakar adalah dalam hal bentuk dan juga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Sedangkan kerugiannya adalah bentuk mat ini cenderung lebih mahal daripada obat nyamuk bakar.
4.         Uap Cair Elektrik
Prinsip dari produk ini adalah hampir sama dengan model mat. Terdiri dari pemanas dan sebotol insektisida cair. Cairan tersebut (biasanya berupa larutan hidrokarbon yang dicampur dengan insektisida pyrethroids yang dilarutkan), dibentuk melalui sumbu lampu yang terbuat dari berbagai macam material (karbon, keramik atau serat). Pada akhirnya wick/sumbu lampu tadi diletakkan diantara elemen pemanas. Ketika dipanaskan, insektisida dilepaskan dari wick/sumbu lampu tadi. Sebuah botol insektisida dengan wick di dalamnya, dapat digunakan selama 360 jam dengan pemakaian normal. Dengan teknologi uap mat ini, mat baru harus dimasukkan setiap harinya sedangkan dengan uap cair elektrik ini hanya perlu diganti setiap satu atau dua bulan.
5.         Umpan
Bentuk ini dapat diformulasikan untuk mengontrol semut, kecoa dan lalat rumah. Bentuk formulasinya dapat berupa butiran umpan yang disebarkan, bentuk padat ataupun bentuk gel. Produk ini terdiri dari makanan penarik seperti glukosa dan insektisida tentunya. Umpan yang digunakan untuk kecoa dan semut, bahan aktifnya menggunakan abamectin, boric acid, chlorpyrifos, dichlorvos, fenitrothion, hydramethylnon, propoxur dan sulfuramid.

B    Produk Insektisida Rumah Tangga dan Kesehatan Masyarakat
Produk insektisida rumah tangga telah terkenal, ramah lingkungan dan biayanya murah serta efektif yang merupakan perlindungan untuk personal untuk melawan serangga. Survei yang banyak dilakukan diberbagai dunia melaporkan bahwa konsumen menghabiskan banyak uang  dalam beberapa tahun ini untuk suatu jenis bahan kimia tertentu. Penggunaan insektisida rumah tangga ini adalah bentuk dari partisipasi aktif dari masyarakat dalam atau untuk mengendalikan serangga rumah tangga. Sasaran utama dari aplikasi insektisida rumah tangga ini adalah nyamuk dan vector penyakit lainnya, dengan menitik beratkan pada usaha promosi tentang keamanan dan keefektifan insektisida rumah tangga ini sebagai bagian dari kontrol program vector borne disease.

1 komentar:

  1. Your article is really useful , especially when i was looking for to know the reason why you keep ignoring me ....... #_#

    regards

    your stalker

    BalasHapus